STKIP Hamzar Lombok Utara, SK Kemdiknas RI No. 04/D/O/2011 menerima mahasiswa baru Tahun Akademik 2011/2012, dengan Program S-1 PGSD dan PGPAUD.Tempat Pendaftaran: Adlan Mamnun, Dusun Lendang Mamben Desa Anyar, hp. 081 907 520 004 atau Studio Primadona FM, Ancak Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara (M. Syairi) hp. 081 917 760 145. Email: ariprimadona@gmail.com,stkiphamzar8@gmail.com###Program Yamtia: Pendirian Perguruan Tinggi D-III Perbankkan Syari'ah, Perguruan Tinggi S-1 Tarbiyah dan kedua Perguruan Tinggi dalam proses perijinan, Pendirian Pasar Ponpes, Bank Syari'ah, dan Pendirian Pusat Kesehatan Ponpes. Bagi Mahasiswa STIKES dan STKIP Hamzar diharap bergabung digrup FB STKIP Hamzar Lombok Utara

Selasa, 28 Juni 2011

Mahasiswa Indonesia di Korsel Bertekad Bangun Negeri dengan Sains dan Teknologi

Persatuan Pelajar Indonesia di Korea Selatan (Perpika) mengadakan Konferensi Mahasiswa Indonesia di Korea Selatan (CISAK) 2011 bertempat di Korea Advanced Institute Of Science and Technology (KAIST) Daejeon, Korea Selatan, pada tanggal 25 Juni 2011. Konferensi ini bertema “Kembali bangun negeri dengan sains dan teknologi”.

Kegiatan CISAK ini merupakan kegiatan yang diadakan Perpika setiap tahun yang ditujukan sebagai sarana diskusi dan tukar pandangan antarmahasiswa yang sedang belajar di Korea Selatan. Hadir pada CISAK 2011 ini lebih dari 200 orang peserta dari berbagai wilayah di Korsel seperti Seoul, Busan, Daegu, Jinju, Cheongju, dan lain sebagainya.

Diharapkan dari kegiatan CISAK 2011 ini para mahasiswa Indonesia menyadari akan pentingnya kembali dan membangun Indonesia setelah kita lulus kuliah, ujar Elvira Tandjung (presiden Perpika). Elvira juga menambahkan bahwa diharapkan dengan kegiatan ini networking antar mahasiswa Indonesia di korea selatan pun semakin kuat, apalagi tahun ini berdiri Universitas Terbuka (UT) di Korsel dimana mahasiswanya mayoritas adalah TKI.

Hadir sebagai pembicara di CISAK 2011 di antaranya Prof. Dr. Kusmayanto Kadiman (Mantan Menristek), Prof. Dr. Palgunadi T. Setyawan (Motivator dan Komisaris PT. Adaro Energy Tbk), Prof. Alp Malazgirt, PhD (Asia Entrepreneurship and Innovations Expert), Lee Seok Bong (CEO Hello DD), Dr. Ade K (Staff Ahli Menristek), Lee Sung Joo (RND Sanofi-Aventis), perwakilan Ikatan Ilmuwan Indonesia International (I-4) dan masih banyak pembicara lainnya.

Jika kembali ke Indonesia maka bawalah ilmu dan juga moral, karena ilmu tanpa moral maka akan lahir pemimpin masa depan yang berbudi pekerti, ujar Prof. Dr. Palgunadi T.Setyawan. Sementara Prof Dr. Kusmayanto Kadiman menyampaikan agar mahasiswa yang sudah beruntung mendapat kesempatan belajar di luar negeri untuk membagi ke yang belum beruntung informasi dan kesempatan yang sama.

Pada konferensi ini, terpilih tigapaper terbaik dari 45 paper yang diterima di CISAK 2011, yaitu Daniel Leonardo Niko dengan judul paper “Sistem Berbasis Smartphone untuk Pelaporan Bencana dan Integrasinya dengan Data Spasial Dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) Berbasis Web”, Dany Perwita Sari dengan judul paper “Optimalisasi Energi Angin pada Building Integrated Wind Turbine sebagai Solusi Krisis Energi di Indonesia”, dan Prihantoro dengan judul paper “Kata Penggolongan Manusia dalam Bahasa Korea dengan Beberapa Perbandingan terhadap Bahasa Indonesia: Dinamika Sosial dan Gramatikalisasi”. Kegiatan CISAK 2011 ini akhiri dengan diskusi tentang Universitas Terbuka (UT) di Korsel.

Ai Melani
Mahasiswa PhD di Korea Advanced Institute Of Science and Technology (KAIST)
ai_melani@kaist.ac.kr

1 komentar:

  1. assalamu'alaikum wr.wb
    IMAM Mataram mengajak seluruh Mahasiswa STKIP HAMZAR untuk gabung bersama IMAM Untuk Brsama membangun pendidikan NTB meningkatkan intelektual anak bangsa.
    kita bentuk komsat STKIP.

    BalasHapus