STKIP Hamzar Lombok Utara, SK Kemdiknas RI No. 04/D/O/2011 menerima mahasiswa baru Tahun Akademik 2011/2012, dengan Program S-1 PGSD dan PGPAUD.Tempat Pendaftaran: Adlan Mamnun, Dusun Lendang Mamben Desa Anyar, hp. 081 907 520 004 atau Studio Primadona FM, Ancak Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara (M. Syairi) hp. 081 917 760 145. Email: ariprimadona@gmail.com,stkiphamzar8@gmail.com###Program Yamtia: Pendirian Perguruan Tinggi D-III Perbankkan Syari'ah, Perguruan Tinggi S-1 Tarbiyah dan kedua Perguruan Tinggi dalam proses perijinan, Pendirian Pasar Ponpes, Bank Syari'ah, dan Pendirian Pusat Kesehatan Ponpes. Bagi Mahasiswa STIKES dan STKIP Hamzar diharap bergabung digrup FB STKIP Hamzar Lombok Utara

Minggu, 26 Juni 2011

Mendidik Mental Siswa Dengan Dakwah

Lombok Utara - Pendidikan mental bagi siswa Madrasah Tsnawiyah Maraqitta’limat Dusun Lenggorong Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, dilakukan dengan pelatihan dakwah.
Hal tersebut diungkapkan Kepala MTs. Lenggorong, Ustadz Hamdan pada MataramNews (25/6/11). 

Menurutnya, pelatihan dakwah yang dilakukan setiap pagi oleh siswanya, selain bertujuan untuk melatih mental, juga kelak setelah tamat dari madrasah, minimal mereka mampu mengembangkan ajaran agama, terutama untuk diri, keluarga dan lingkungan sekitarnya.

”Dakwah ini dilakukan setiap pagi secara bergantian oleh para siswa, sebelum masuk kelas dan sudah berjalan empat bulan. Dan para siswa cukup bersemangat belajar bertabligh (dakwah-red) walaupun hanya 7 menit setiap pagi”, jelas Hamdan.

Selain berda’wah, para siswa dari kelas I sampai kelas III juga diajar berbagai keterampilan, seperti membuat pot bunga dari semen dan pasir laut, yang hasilnya cukup bagus. ”Jadi di sekolah ini siswa bukan hanya belajar di dalam kelas saja, tapi juga dilatih keterampilan, yang kelak bila dikembangkan dapat membangunan perekonomian sekolah. Dan beberapa hasil tangan-tangan siswa terampil ini sudah ada yang siap dipasarkan”, jelas Asri, Spd , guru keterampilan di MTs Lenggorong ini.

”Jadi MTs. Lenggorong, selain memiliki visi untuk mendidik para siswa menjadi insan yang berimtaq (iman dan taqwa) juga sekaligus menjadi manusia beriptek (berilmu pengetahuan dan teknologi). Imtaq dilakukan dengan pendididkan pelatihan dakwah, sedangkan ipteq diwujudkan melalui pelajaran keterampilan”, imbuhnya.

Sementara untuk mendukung program gubernur NTB yaitu “Magrib Mengaji”, pihak sekolah juga telah mengumpulkan para pemuda Dusun Lenggorong untuk diberikan pembinaan termasuk melarang warga untuk menghidupkan TV pada waktu magrib. “Alhamdulillah program ini sudah berjalan dengan baik, sehingga semua anak-anak sudah tidak ada lagi yang tidak mengaji pada waktu magrib, termasuk para orang tua tidak menghidupkan TVnya pada saat anak-anak mereka belajar”, pungkas Hamdan. (Primadona FM)

1 komentar:

  1. Terus kembangkan berbagai program untuk memajikan lembaga pendidikan yang ada ditempat bapak... Selamat berjuang

    BalasHapus